PENGANTAR

Piagam Satuan Pengawasan Internal (SPI Charter) adalah dokumen formal yang berisi komitmen pimpinan atas pengakuan keberadaan dan berfungsinya satuan pengawas internal di sebuah organisasi atau badan hukum. Piagam Satuan Pengawasan Internal Universitas Brawijaya (SPI UB) mencakup visi, misi, kedudukan, tugas, fungsi, dan ruang lingkup serta persetujuan dan pengesahan dari Pimpinan UB melalui Keputusan Rektor.

Piagam SPI UB menjadi dasar keberadaan dan pelaksanaan pengawasan dan akan disosialisasikan untuk diketahui oleh civitas akademika UB dan pihak lain yang terkait agar tercapai saling pengertian dan kerja sama yang baik dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan UB.

Selain bentuk dan rumusan formal Piagam SPI yang disampaikan kepada seluruh unit/satuan kerja dan/atau sub sistem di UB, piagam juga mendasari dokumen pengawasan lain seperti kebijakan pengawasan, standar pengawasan, manual mutu pengawasan dan manual prosedur pengawasan yang menjelaskan secara lebih rinci berbagai aspek dan arti penting yang perlu diketahui dan dipahami oleh setiap pengawas SPI UB.

Nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh Satuan Pengawasan Internal adalah:

  1. Berfokus pada kompetensi utama universitas.
  2. Berperilaku amanat/terpercaya, profesional, obyektif, independen dan tanggap.
  3. Mengukur keberhasilan berdasarkan kualitas dan kuantitas.
  4. Mampu melakukan deteksi dini, menemu-kenali dan menyajikan temuan pengawasan secara obyektif, profesional dan proporsional sesuai dengan kompetensinya.
  5. Mampu berkomunikasi dan menyampaikan rekomendasi yang efektif.

 

AUDIT CHAPTER SPI UB